Air Kencing Kelinci: Cairan Ajaib Untuk Pertanian

BOGOR. Selain rupa elok dan daging yang lezat, ternyata kelinci memiliki kelebihan lain yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian yakni sebagai pupuk dan pestisida hayati. Air kencing kelinci merupakan cairan yang mampu memberikan suplai nitrogen yang cukup tinggi bagi tanaman, hal ini disebabkan oleh tingginya kadar nitrogen yang terdapat didalamnya.

Jika dibandingkan dengan hewan pemakan rumput lainnya, air kencing kelinci memiliki kadar Nitorgen yang tinggi karena kebiasaannya yang tidak pernah minum air dan hanya mengkonsumsi hijauan saja.

Susan Lusiana, koordinator Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pertanian Berkelanjutan Serikat Petani Indonesia (SPI) mengungkapkan bahwa hasil penelitian Badan Penelitian Ternak (Balitnak) pada tahun 2005 menjelaskan kalau kotoran dan urine kelinci memiliki kandungan unsur N, P, K yang lebih tinggi (2.72%, 1.1%, dan 0,5%) dibandingkan dengan kotoran dan urine ternak lainnya seperti kuda, kerbau, sapi, domba, babi dan ayam.

“Jadi, jika air kelinci ini dipadukan dengan kotoran kelinci dan dijadikan pupuk maka pupuk ini akan memiliki kandungan kandungan 2,20% Nitrogen, 87% Fosfor , 2,30% Potassium, 36 Sulfur%, 1,26% Kalsium, 40% Magnesium,” jelas Susan.

Susan juga menyampaikan bahwa tingginya manfaat dari kelinci ini mendorong Pusdiklat Pertanian Berkelanjutan SPI untuk mengembangkan usaha peternakan kelinci.

Saat ini Pusdiklat SPI sedang membudidayakan 10 kelinci hias yang kotoran dan air kencingnya diolah dan digunakan untuk pestisida dan pupuk hayati.

“Dari 10 ekor kelinci tersebut, rata-rata air kencing yang dihasilkan sekitar 2 liter perhari. Air kencing ini bisa diaplikasikan langsung ke tanaman ataupun dicampur dengan kotorannya untuk dibuat pupuk cair kelinci. Kotoran kelinci juga bisa diolah terpisah dan digunakan sebagai bahan pembuatan kompos yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya, ” Jelas Susan.

Susan mengungkapkan bahwa mengumpulkan air kencing dan kotoran kelinci tidaklah sulit. Cukup dengan meletakkan wadah di bawah kandang, tetes demi tetes air kencing kelinci dikumpulkan. Cara pembuatannya cukup mudah dan sederhana. Air kencing kelinci yang sudah dikumpulkan lalu dipindahkan ke dalam jerigen.

Sebelum digunakan, terlebih dahulu air kencing kelinci dicampur air. Takaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk 10 liter air diperlukan 0.5 liter air kencing kelinci. Selanjutnya proses penyemprotan dilakukan mulai dari satu tanaman ke tanaman lain dengan merata.. Sebaiknya, setelah disemprot tidak terkena hujan agar pupuk langsung diserap tanaman.

Air kencing kelinci terbukti telah meningkatkan kualitas tanaman daun yang ditanam di pudiklat SPI. Pada bayam contohnya, daun bayam yang disiram oleh air kencing kelinci terlihat lebih hijau dibandingkan dengan bayam yang tidak diberi air kencing kelinci.Untuk peningkatan produktivitas, saat ini pusdiklat tengah melakukan penelitiannya.

Saat ini pusdiklat SPI masih menggunakan air ken- cing kelinci untuk kepentingan sendiri dan dijual terbatas untuk anggota. Harga air kencing kelinci di pasaran berkisar antara Rp 10.000- Rp15.000 per 250 ml.

“Harganya yang masih cukup tinggi ini menjadi potensi bisnis yang cukup besar dan bisa dijadikan usaha ntuk pemberdayaan petani anggota SPI tentunya dengan menggunakan mekanisme koperasi,” tambah Susan.

 

Artikel terkait:

20 Comments

  1. aris n says:

    thank atas informasinya.
    Sy punya kelinci lebih dr 20 ekor. Dan skrng urin yg sudah sy kumpulkan kurang lebih 100 l. Selama ini sudah sy bagikan kpd tetangga dan saudara u/ pupuk tanaman padi.

  2. wawan says:

    sya punya banyak air kencing klinci
    KEMANA SAYA HARUS MENUKAR NYA?????

  3. waris says:

    terimakasih banyak informasinya…oh ya maaf mau tanya, seberapa efektifkah kalau diaplikasikan ke tanaman kopi dan kayu (jabon, suren, garmelina) dan berapa liter air kencing kelinci yang harus dibutuhkan untuk menyemprot 1500 pohon kopi dan 1500 pohon kayu. Terus penyemprotannya ke daun, batang atau ke tanah (akar)?
    sekali lagi terimakasih atas jawabannya.

  4. harmiyanto says:

    Saya punya kelinci setelah mengetahui manfaat air seni kelinci dan menghasilkan uang maka saya akan coba untuk kumpulkan, Tetapi saya tidak tau mau menjualnya kemana dan lokasi tinggal saya di depok .Mohon penjelasannya .
    Terima kasih atas bantuannya.

  5. M.RATNO. says:

    Tmen2″ coba di aplikasikan dlu pda tnaman yg ad di skitar rumah,jika trbukti brhasil mka tmen2″ tdk akn ksulitan jika mau mndemokan pda pcinta tanaman krn tmen2″ sdh tau hsilnya sndiri.benar ap benar.

  6. Joko purnomo says:

    Sy sdh mengumpulkan air klinci kira2 30lt,, kmna hrs mnjualnya

  7. imam says:

    gimana kalo memberiannya dngan diramkan, cnth pda tanaman jagung! Da pngah gak?

  8. Latifah says:

    Saya mengumpulkan air kencing kelinci. Bisakah saya bergabung dengan SPI untuk memasarkan air kencing kelinci saya?
    Terimakasih

  9. kusnendar says:

    Informasi ini sangat bermanfaat, di daerah saya banyak peternak kelinci dan ini bisa saya terapkan, terimakasih :-)

  10. SURASA says:

    Tx tuk infox, yg bermanfaat untuk kami.

  11. devia says:

    makacih infonya ckup membantu saya

  12. andris siswanto says:

    trima kasih atas informasi yang sangat penting ini, ……… mungkin untuk bahan pencampur kotoran kelinci yg bs di gunakan untuk pupuk kompos bisa di perjelas lagi.

  13. aguz clink says:

    matur suwun sanget , , ,

  14. sutan says:

    Saya punya urine kelinci dari 30 ekor di sidoarjo jawa timur, kemana saya harus menjualnya ?? Mks adm.

  15. saleem says:

    saya pnya stok urine kelinci bisa kah saya ikut SPI Untuk membantu memasarkan nya. invite bbm 74475EF1

  16. makasih pak, artikelnya sangat bermanfaat :)

    saya kira “air kencing kelinci” perlu diolah dulu, ternyata bisa langsung diaplikasikan

  17. abeh danish says:

    @BukuPertanian91, diolah dulu mas… difermentasi, kalo nggak difermentasi nanti pas anda semprot ke taneman bisa digebukin tetangga karena bau pesing bakal menyebar kemana-mana…

  18. didik says:

    ijin share diblogku pak

  19. faiz pradana says:

    wilayah jakarta yg punya urin kelinci murni mohon hubungi saya di 085694495758

  20. aku punya 10 liter sekarang dan taip hari aku bisa ngumpulkan 1-4 liter per hari kalau ada pengepul nya alamat ds ngasem kec gurah kab kediri jatim 082338113265 sms aja kalau telp gak akan masuk

Leave a comment