SPI Sumbar Tolak Pembukaan Tambang Biji Besi di Pasaman

PASAMAN. Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumatera Barat (Sumbar) menolak izin pertambangan biji besi PT Sumber Mineral Bersama (SMB).

Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) SPI Sumbar, Sukardi Bendang mengemukakan SPI Sumbar menolak aksi pembukaan tambang biji besi yang jelas tidak berpihak pada anak dan cucu kami dimasa yang akan datang.

” Maka dari itu itu kami memaksa pemerintah Kabupaten Pasaman untuk segera mencabut semua izin dan berkas-berkas yang ada terhadap pertambangan atas nama PT SMB di ulayat kami serta segera menghentikan segala bentuk aktifitas pertambangan yang sedang terjadi di tingkat lapangan,” ungkapnya di Padang (08/05).

Salah seorang petani SPI di Pasaman, Defrizal menjelaskan bahwa pembukaan pertambangan biji besi tersebut hanya akan menggangu ekosistem lingkungan seperti ketersediaan air persawahan dan kolam perikanan serta sumber air bersih yang merupakan sumber kehidupan.

“Kami dan para ninik nagari Aie Manggih dan Nagari Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping memutuskan untuk menolak dengan tegas pembukaan pertambangan yang jaraknya hanya dua kilometer dari pemukiman kami, karena sama sekali tidak membawa kebaikan bagi masyarakat disini,”  ungkap Defrizal.

Sementara itu dalam usaha menolak pembukaan tambang besi ini, SPI Pasaman bersama ratusan warga lainnya telah melakukan aksi ke gedung DPRD Pasaman dan kantor Bupati Pasaman, beberapa waktu lalu (02/05).

Artikel terkait:

Leave a comment