Galeri Foto: Pameran Kampung Agroekologis La Via Campesina di Jakarta

[nggallery id=54]

JAKARTA. Dalam rangkaian Konferensi Internasional ke-6 La Via Campesina di Jakarta (6-13 Juni 2013), digelar juga pameran kampung agroekologis. Pameran ini dibuka oleh Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) sekaligus Koordinator Umum La Via Campesina Henry Saragih pada 9 Juni 2013 di halaman Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Pameran ini menampilkan miniatur pertanian agroekologis yang diusung La Via Campesina, yang mampu memberi makan masyarakat dunia dan mendinginkan bumi. Terdapat beragam benih dan hasil pertanian dari berbagai dunia yang dibawa oleh petani anggota La Via Campesina yang mengikuti konferensi ini.

Syahroni selaku penanggung jawab pameran ini mengungkapkan SPI sendiri menghadirkan sebuah stand khusus yang menampikan miniatur model pertanian yang dikerjakan petani anggota SPI.

“Disini ada miniatur pertanian dengan konsep SRI (System Rice Intensification), hingga meniatur pembuatan pupuk kompos, arang sekam, dan lainnya yang sangat berguna dalam pertanian sehari-hari,” ungkap Syahroni yang juga Ketua Departemen Pendidikan, Pemuda, Kebudayaan dan Kesenian SPI.

Syahroni menambahkan, masing-masing benua asal petani anggota La Via Campesina juga disediakan sebuah stand yang menampilkan ciri khas pertanian dari masing-masing benua.

 

 

Speak Your Mind

*