Galeri Foto: Pembukaan Konferensi Internasional La Via Campesina ke-6

[nggallery id=52]

JAKARTA. Konferensi Internasional La Via Campesina ke-6 secara resmi dibuka kemarin pagi (09/06) di Gedung Olahraga Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Sebelumnya telah dilaksanakan Majelis Petani Perempuan La Via Campesina ke-4 pada 6-7 Juni 2013, dan dilanjutkan oleh Pertemuan Pemuda Internasional La Via Campesina ke-3 pada 8-9 Juni 2013.

Acara pembukaan yang dimulai siang hari ini dihadiri oleh sekitar 3.000 orang peserta yang berasal dari 76 negara anggota La Via Campesina beserta petani anggota Serikat Petani Indonesia. Hadir dalam pembukaan ini Ketua Umum SPI dan Koordinator Umum La Via Campesina Henry Saragih, Menteri Pertanian Suswono, Staf Khusus Presiden Bidang Penanggulangan Kemiskinan HS Dillon, perwakilan FAO, perwakilan IFAD, dan lainnya.

Tiga jam sebelum upacara pembukaan konferensi ini juga telah dibuka pameran agroekologis yang menghadirkan miniatur pertanian agroekologis yang dikerjakan oleh petani-petani SPI, dan juga miniatur pertanian dari masing-masing benua asal petani anggota La Via Campesina.

Konferensi ini akan ditutup pada 12 Juni sore, yang malamnya dilanjutkan dengan konser malam kedaulatan pangan. Keesokan harinya, 13 Juni, seluruh peserta akan melakukan kunjungan lahan ke Kecamatan Warung Kiara, Sukabumi, Jawa Barat.

Speak Your Mind

*