Ini Dia Pidato Menteri Koperasi dan UKM dalam HUT SPI ke-19 di Asahan, Sumatera Utara

19 Tahun SPI_Perwakilan Menteri Koperasi

ASAHAN. Salekan, Asisten Deputi Keanggotaan Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Serikat Petani Indonesia (SPI) ke-19 di Sei Kopas, Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Sabtu (08/07).

[ Baca Juga : Jantung Perekonomian Indonesia Dibangun Melalui Koperasi Produksi ]

Mewakili Menteri Koperasi Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang berhalangan hadir, ia membacakan pidato sambutan Menteri yang mengapresiasi SPI dalam membangun koperasi di sektor riil, sektor produksi.

“Seharusnya memang begitu, nanti ke depan pengembangan koperasi di lingkungan SPI ini harus fokus. Jika anggota koperasinya bergerak di bidang sawit maka koperasinya dari A sampai Z ya harus konsentrasi di sawit, petani kopi fokus di koperasi kopi, harus fokus usahanya dan pengembangannya sampai tingkat industrisasi,” ungkapnya ketika membacakan pidato Menteri Koperasi dan UKM.

Salekan menambahkan, program reforma agraria oleh pemerintahan Jokowi-JK diharapkan betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh rakyat kecil. Oleh karena itu peningkatan koperasi dalam memanfaatkan program reforma agraria sangat penting.

“Koperasi sebagai badan hukum sebagai badan usaha punya hak untuk bisa ikut memanfaatkan itu, menggarap reforma agraria. Koperasi satu-satunya alat perjuangan ekonomi rakyat yang hadir dari rakyat, dimiliki dan dimanfaatkan oleh rakyat,” tuturnya.

“Inisiatif membangun 1.000 koperasi ini sangat positif. Jadi kami memandang SPI sebagai representasi petani Indonesia sebagai mitra pembangunan koperasi nasional, khususnya di sektor pertanian,” tambahnya.

Berikut ini cuplikan videonya.

Speak Your Mind

*