Ini Dia Pokok Bahasan SPI – Jokowi tentang Kedaulatan Pangan

JAKARTA. Diskusi singkat Serikat Petani Indonesia (SPI) – Jokowi tentang Visi Kedaulatan Pangan Indonesia pada Kamis (01/05) ternyata menyoal lima pokok.

“Inilah yang harus segera dipecahkan oleh kerja konkret pemerintah selanjutnya bersama petani, nelayan dan rakyat pedesaan,” ujar Henry Saragih, Ketua Umum SPI.

infographic_kepemilikan_alih_fungsi_lahan_SPI

SPI membuat risalah singkat kelima bahasan kedaulatan pangan tersebut dengan infografik. Yang pertama adalah masalah tanah dan solusi reforma agraria sejati–yakni untuk meredistribusi 9,2 hektar lahan terlantar agar menjadi program padat karya di pedesaan. “Juga agar rata-rata kepemilikan lahan petani naik, setidaknya hingga 2 hektar per KK,” ujar Henry lagi.

Yang kedua adalah tentang mengatasi ketergantungan impor pangan. “Kalau impor terus, harga pangan lokal jadi tidak atraktif, petani jadi enggan berusaha. Devisa juga habis hingga 150 trilyun per tahun,” ujar Henry. “Anggaran pertanian harus dinaikkan, jadi orang mau bertani, banyak insentif,” kata dia lagi.

infographic_ketergantungan_impor_SPI

Dengan demikian, produksi pangan lokal bisa dinaikkan bertahap dan impor berkurang. Swasembada pangan bukan sesuatu yang mustahil untuk rakyat tani pekerja keras di Indonesia.

Ketiga tentang infrastruktur pedesaan: terutama menyangkut perbaikan dan pengadaan jalan, angkutan perintis, irigasi dan bendungan, pelabuhan, rantai beku, bank benih dan lumbung pangan mandiri.

infographic_infrastruktur_pedesaan_SPI

Infografik keempat dan kelima menyoal rumah tangga petani gurem dan kemiskinan di pedesaan.

“Ini masalah utama di pedesaan, sehingga 62% orang miskin Indonesia itu ada di pedesaan,” Henry menerangkan lagi.

infographic_rumah_tangga_gurem_2013_SPI

“Nah, agar tidak miskin: NTP naik hingga 125 persen, ketimpangan—Indeks Gini jadi sekitar 0,3 saja, harus dipikirkan akses modal dan perlindungan sosial,” pungkas dia.

infographic_jumlah_penduduk_miskin_SPI

Bank Petani, asuransi pertanian, asuransi kesehatan desa, serta penggalakan pendidikan gratis 12 tahun adalah solusi dari Visi Kedaulatan Pangan SPI 2014-2024.

Speak Your Mind

*