Reforma Agraria di Padang Lawas Harus Segera Dilaksanakan

MUSCAB SPI PADANG LAWAS

PADANG LAWAS. “Reforma agraria di Kabupaten Padang Lawas harus segera dilaksanakan”. Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) terpilih Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Sumatera Utara (Sumut) Henri Chandra Hasibuan sesaat setelah pelantikannya di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Dahlan, Sibuhuan (16/09).

Saat menyampaikan kata sambutannya, Henri Chandra menegaskan, peluang dan potensi untuk mewujudka reforma agrarian di daerahnya sangat besar, belum lagi lahan hutan di Palas yang tak tertata dan terabaikan pengelolaannya.

“Kerja organisasi ke depan harus lebih progresif agar cita-cita reforma agraria sejati bisa diwujudkan. Perkuat organisasi, rapatkan barisan, terus berkonsolidasi Insya Allah tanah untuk petani bukan lagi mimpi,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan ada banyak potensi pertanian di basis-basis SPI di Palas yang tak terkelola dengan baik.

“Inilah mengapa koperasi berbasis produksi harus kita bangun dan kembangkan bersama agar bisa menjadi tata kelola ekonomi petani untuk meningkatkan kesejahteraannya,” imbuhnya.

Henri Chandra Hasibuan, Ketua SPI Padang Lawas, 2017-2022

Henri Chandra Hasibuan, Ketua SPI Padang Lawas, 2017-2022

Sementara itu, Henri Chandra Hasibuan sendiri terpilih setelah sebelumnya dilaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) Dewan Pengurus Cabang (DPC) SPI Kabupaten Palas, Sumut. Muscab ini sendiri dihadiri oleh petani pengurus SPI dari 12 basis di lima kecamatan; Kecamatan Sosa, Barumun, Ulu Barumun, Lubuk Barumun dan Aek Barumun. Muscab ini juga dihadiri H. Yunus Nasution mewakili Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI dan Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Sumatera Utara, Zubaidah.

“Semoga kepengurusan di SPI di Kabupaten Palas selama lima tahun ke depan (2017-2022)  bisa lebih bekerja sama dan tetap menjaga kebersamaan sebab tantangan seberat apapun pasti bisa kita atasi dengan bekerja sama dan sama-sama bekerja,” kata Zubaidah.

Dalam Muscab SPI Palas kali ini, juga telah terpilih Majelis Wilayah Petani (MWP) dan Majelis Cabang Petani (MCP). Deddy W.A Lubis dan Roihana Daulay mewakili SPI Padang Lawas menjadi anggota MWP SPI Sumatera Utara. Sementara untuk MCP SPI Padang Lawas terpilih Rahman Lubis sebagai ketua dan Pardamean Daulay sebagai sekretaris serta beranggotakan Irsan Muda Daulay, Anwar Hasibuan dan Rahmat Hasibuan.

Speak Your Mind

*