Safari Ramadhan Ketua Umum SPI di Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Barat

Diskusi dan buka puasa bersama pengurus SPI Sumatera Utara dan gerakan masyarakat sosial di Medan

Diskusi dan buka puasa bersama pengurus SPI Sumatera Utara dan gerakan masyarakat sosial di Medan

MEDAN. Dalam rangka konsolidasi dan silaturrahmi, Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih melakukan serangkaian safari Ramadhan 1438 H. Rangkaian dimulai dari Medan, Sumatera Utara. Di kota ini, Henry Saragih menghadiri buka puasa bersama yang diadakan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Sumatera Utara dan Yayasan Sintesa (10/06).

Dalam diskusi tersebut Henry menyampaikan beberapa hal, di antaranya mengenai perkembangan terakhir dari Deklarasi Hak Asasi Petani di Dewan HAM PBB.

“Insya Allah deklarasi ini final tahun depan. Ini adalah perjuangan kita semua sejak tahun 2001 di Cibubur. Nantinya deklarasi ini bisa kita gunakan untuk memperkuat perjuangan petani-petani di lahan dalam mempertahankan lahannya, mempertahankan hak asasinya,” kata Henry.

Zubaidah, Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Sumatera Utara mengamini apa yang disampaikan Ketua Umum SPI.

“Ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah. Mari kita semua berdoa agar perjuangan kita di Dewan HAM PBB berhasil dan mampu memberi kontribusi nyata dalam penegakan hak asasi petani,” tuturnya.

Riau

Dari Pekanbaru, Riau, Ketua Umum SPI melakukan safari Ramadhan pada 13-16 Juni 2017. Safari diisi dengan diskusi dengan DPW SPI Riau sekaligus buka puasa bersama.

Diskusi bersama pengurus DPW SPI Riau

Diskusi bersama pengurus DPW SPI Riau

Misngadi, Ketua BPW SPI Riau menjelaskan, safari Ramadhan Ketua Umum SPI memberikan arahan perkembangan organisasi SPI di Riau dan penguatan kelembagaan ekonomi organisasi yaitu Koperasi Petani Indonesia (KPI, koperasinya SPI) Riau yang telah terbentuk dan beroperasi di provinsi Riau yang kini telah terbentuk empat buah KPI.

“DPW SPI Riau pada tahun ini menargetkan akan mendirikan KPI Riau sebanyak 10 KPI. Sedangkan sampai tahun ini KPI SPI Riau telah berdiri dan berjalan sebanyak 4 KPI SPI yang berada di Kuansing dan Kampar,” kata Misngadi.

Senada dengan Misngadi, Henry menyampaikan bahwa koperasi merupakan soko gurunya perekonomian organisasi.

“Begitu pentingnya koperasi dalam mensejahterakan ekonomi anggotanya, maka di tengah-tengah lesunya perkoperasian di Indonesia, Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI mencanangkan akan mendirikan koperasi-koperasi petani SPI sebanyak 1.000 koperasi di berbagai pelosok tanah air, di masing-masing basis SPI,” papar Henry.

Kunjungan lahan ke petani SPI Riau

Kunjungan lahan ke petani SPI Riau

Selain diskusi, Ketua Umum SPI juga melakukan kunjungan lahan ke lahan pertanian petani SPI Riau di Dusun Swah Godang, Desa Logas, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuansing, Riau.

Sumatera Barat

Safari Ramadhan Ketua Umum SPI berlanjut ke ranah Minang, Sumatera Barat. Di sini, Henry Saragih kembali melakukan kunjungan lahan dan diskusi di sekretariat DPW SPI Sumatera Barat di Padang.

Diskusi bersama pengurus DPW SPI Sumatera Barat, mahasiswa, dan lembaga sosial masyarakat lain

Diskusi bersama pengurus DPW SPI Sumatera Barat, mahasiswa, dan lembaga sosial masyarakat lain

Rustam Effendi, Ketua BPW SPI Sumatera Barat menyampaikan, dalam diskusi sekaligus buka puasa bersama di Padang, tema yang diambil adalah “tantangan gerakan sosial”.

“Menariknya diskusi ini tidak hanya diikuti oleh pengurus DPW SPI Sumatera Barat saja, namun juga perwakilan mahasiswa hingga perwakilan lembaga-lembaga di Sumatera Barat,” kata Rustam (17/06).

Kunjungan lahan ke petani jeruk dan petani kopi anggota SPI Sumatera Barat

Kunjungan lahan ke petani jeruk dan petani kopi anggota SPI Sumatera Barat

Sementara itu, dalam kunjungan lahan, Ketua Umum SPI mengunjungi lahan petani SPI yang menanam jeruk dan kopi arabika di Jorong Padang Kuniang, Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Speak Your Mind

*