SPI Sukabumi Gelar Muscab III

musyawarah cabang III SPI Sukabumi

WARUNGKIARA. Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Sukabumi Jawa Barat menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) III di Warungkiara (02/02). Muscab ini sendiri dihadiri oleh puluhan peserta yang mewakili 9 basis dari Kecamatan Warungkiara, 7 basis dari Kecamatan Caringin Pasir Datar, 4 basis dari Kabupaten Jampang, unsur Dewan Pengurus Wilayah (DPW) SPI Jawa Barat, perwakilan Dewan Pengurus Pusat (DPP) SPI, hingga mahasiswa.

Ketua Departemen Penguatan Organisasi Badan Pelaksana Pusat (BPP) Ali Fahmi menyampaikan, musywarah cabang adalah bagian dari tata tertib organisasi yang harus rutin dilaksanakan tiap-tiap cabang.

“SPI adalah organisasi massa petani yang terpimpin dan muscab seperti ini menunjukkan kerapian, keteraturan, dan kedisipilinan kita dalam berorganisasi, sekaligus sebagai wadah konsolidasi dan silaturrahmi,” katanya.

Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Jawa Barat Tantan Sutandi menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya Muscab kali ini.

Semoga pengurus yang terpilih nanti lebih menguatkan basis-basis, mendesak pemerintah untuk mendistribusikan tanah, meningkatkan kapasitas anggota (diskursus) dan mendesak legislatif membuat Perda lahan produktif,” tuturnya.

Muscab sendiri akhirnya menetapkan Rozak Daud sebagai Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) SPI Sukabumi periode 2017 – 2021.

Rozak memaparkan, dalam kepengurusannya, ia dan pengurus akan menyiapkan program kerja sosial ekonomi yakni mendirikan koperasi, meningkatkan hasil pertanian, menjalankan iuran dari anggota, melakukan pendidikan tentang pertanian agroekologi.

“Program lainnya adalah program kerja sosial politik yakni penyelesaian konflik lahan, pendidikan paralegal, menjalin koordinasi dengan pemerintah dalam rangka penyelesaian sengketa tanah; hingga pogram kerja sosial budaya yakni mengembangkan budaya lokal,” paparnya.

Speak Your Mind

*